Cari Blog Ini

11/06/12

Salah Siapa?

Salahmu atau salahku????
Seandainya di setiap obrolan dan perbincangan kita selalu mencari pembenaran, biasanya akan diakhiri dengan penunjukkan siapa yang paling benar.
Jika sudah ada yang benar, diikuti dengan pihak yang bersalah dan tidak benar. Tentang kamu bila si Aku adalah good listener, tentang aku jika si Aku memiliki paham egosentris....
Tapi sangat wajar jika manusia lebih senang didengar daripada mendengar, karena setiap manusia diberkahi sifat "ke-Aku-an" yang berbeda-beda kadarnya. Akan jadi tinggi kadarnya jika si Aku sulit dan tidak mau belajar menjadi good listener. Ahh, whatever dehhh....
Back to the point salah siapa??
Berawal dari perbincangan saya di grup Whatss App., posisi  saya di grup saat itu sebenarnya sekedar menyimak obrolan teman-teman.
Namun tibalah pada satu topik dimana topik ini menjadi sensitif dan kelihatannya sudah membuat salah satu pihak jadi sedikit tersudutkan.
Topik pembicaraan yang jadi bahan permasalahan di sini tidak akan saya sebutkan.
Namun, yang jadi heran saya adalah, mengapa harus jadi ajang perdebatan, dan harus ada pihak yang salah dan benar.
Bagi saya, akan sangat Juara sekali jika salah satu pihak mau mengalah dan meminta maaf secara general kepada semuanya, lepas dari sebenarnya dia salah atau ngga.
Karena bagi saya dialah sang Pemenang sebenarnya...*dan akhirnya salah seorang teman (sebut saja namanya G) dalam grup ini mau meminta maaf duluan*. Saya sangat suka dengan sikap gentle nya, dan dia berani menghadapi semua ini, berbeda dengan pihak lawan yang lalu kabur dan diam begitu saja...uughhhh, you're not a Man...
Selain meminta maaf si G juga menjelaskan bahwa grup ini dibuat untuk bersuka ria, bercanda dan senang-senang, bukan untuk maksud serius dan untuk mempertahankan argumen secara defense maupun offense. Titik.
Yaa sudahlah, susah memang untuk memaksa seseorang agar melakukan apapun itu sesuai kehendak kita.
Tapi yang paling penting adalah bagaimana kita eh saya belajar jadi Good Listener..
It's not easy, but i'll try...
how 'bout you??










Tidak ada komentar:

Posting Komentar