Cari Blog Ini

28/09/12

Lagi-lagi Urusan Polite (dan Unpolite)


Hahahahha, ini sehari bisa langsung empat postingan, maklum lagi ga ada jaringan internet di rumah, jadi ya harus ke warnet yang jaraknya 2 km dari rumah. Untuk menghemat waktu dan menghemat biaya warnet, empat artikel ini dibikin di rumah trs baru dibawa ke warnet buat diposting. Hihi, sebenarnya sy hidup dimana ini? Indonesia? Tahun 2012? Ckck, I don’t think so….

Ceritanya adalah kemaren ada postingan foto di grup bbm yang bikin beberapa orang bertanya-tanya tg arti dari foto tsb, dan naasnya org2 tsb nanya ke sy. Niat awalnya sy ga akan peduli sama si pemilik foto tsb dan kisah cerita dibaliknya. Tapi dikarenakan sy ditanya sm temen2, jadi sy merasa berkewajiban menanyakan langsung pada sumber berita yaitu teman sy yang memasang foto tsb, gitu kali ya kurang lebihnya, menyesuaikan Kode Etik Jurnalistik, agar info yang didapat benar-benar dari sumbernya langsung dan (seharusnya) info yang didapat akurat, ga sekedar gossip belaka.

Jadilah sy akhirnya bertanya ke Ndra (tokoh pemilik foto) tg kejelasan hubungannya, hah, ini dia letak unpolite yang sy maksudkan. Saya sendiri klo ada di posisi Ndra bakalan ngerasa ga enak klo tiba2 ada temen yg ga seberapa deket dan ga pernah komunkasi tiba2 bbm cuma buat nanya “Da, km jadian ya sama X?” Hizzzzzz L, ganggu banget ga tuh?

Yaaaa sblm melontarkan pertanyaan itu sama Ndra, sy jg udah berpikir berkali-kali mengingat akan sopankah pertanyaan itu jika diucapkan oleh saya. Seandainya ada Komite Kesopanan Nasional, akan jadi apa orang-orang seperti saya ini?

Tapi atas nama teman, yang pada rajin bertanya (walo ga penting) pada saya. Efektif bikin saya mikir juga, bergosip namanya klo tyt infonya ga bener. Ya udahlah, Tanya aja… cuzzzz..

Pertanyaan sdh dilontarkan, dan jawaban juga sudah diberikan. Masih ada ketidakpuasan dalam benak saya, karena sejujurnya bukan itu jawaban yang saya pengen. Malah saya disarankan sama Ndra untuk menanyakan hal ini juga pada sumber yang kedua.

Klo Ndra tadi kan aktornya, nah si narasumber kedua sebut aja namanya Syahrini, adalah aktrisnya. Bertanya tg hal ini ke satu sumber aja udah bikin sy merasa bersalah, jd sy udah ga berniat lg untuk bertanya ke sumber yg satunya, walopun keliatannya jawaban akan bisa berbeda klo sy menanyakan ke Syahrini perihal ini. Padahal beda jawaban belum tentu bener juga siyy.

Dari hasil investigasi, akhirnya sy bs menyimpulkan, mungkin begini ya rasanya jadi wartawan dan reporter infotainment. Berburu berita tg kehidupan selebritis, menanyakan hal-hal yg sebenarnya bukan jadi urusan publik tapi berubah jadi urusan bersama ketika manusia tersebut bergelar selebritis (bahkan sekuter pun masuk dlm lingkungan ini *sekuter adalah sebutan utk Selebritis Kurang Terkenal). Melontarkan pertanyaan-pertanyaan dan memaksa untuk mendapat jawaban. Bahkan kalaupun sdh dijawab, jawaban yang diterima belum tentu bisa memuaskan dan sesuai harapan, lalu jawaban itu diolah disesuaikan dengan keinginan produser. Demi rating.

Unfortunately, Ndra dan Syahrini bukan selebritis, sy juga bukan reporter atau wartawan infotainment. Jadi cukup sampai disitu aja lah reportase tadi, ga perlu dibuktikan juga kebenarannya, suka-suka yang ngejalaninnya aja. Bener ato ngga jawabannya, sudah cukup bg sy untuk menjelaskan ke teman2 tanpa harus mengolah jawaban itu agar sesuai keinginan saya. Tenkiu Ndra untuk komunikasinya. *Yaa, kmu si bukannya kurang komunikatif, tp emang kmu nya aja yg blm PD dan krg menjiwai jd selebritis, halah J*

Biarlah saya dan teman-teman yang lain berasumsi sendiri-sendiri. Masih boleh kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar